OPINIPIJAR.COM – Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Hal ini dapat dilihat dari sekian banyak sumber daya alam yang tersedia di tanah air kita. Namun, pengambilan yang dilakukan secara besar-besaran dan terus menerus dapat membuat sumber daya alam ini habis. Oleh karena itu perlu peran serta dari masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam. Peran apa saja yang dapat kita lakukan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian sumber daya alam sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 1 ayat 18 adalah dengan melakukan konservasi sumber daya alam. Konservasi sumber daya alam sendiri merupakan pengelolaan sumber daya alam untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana serta kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya.

Cara menjaga kelestarian sumber daya alam berikutnya adalah dengan melakukan Gerakan hemat energi. Langkah yang satu ini dapat diaplikasikan saat menggunakan berbagai macam energi seperti listrik, air dan lain sebagainya. Penggunaan listrik dan air harus didasarkan pada kebutuhan bukan semata-mata sebagai keinginan. Selain merusak upaya kelestarian sumber daya alam, menggunakan energi secara berlebihan juga berdampak pada pengeluaran sehari-hari.

Nah, cara yang selanjutnya yaitu menggunakan barang isi ulang. Salah satu hal yang memicu kerusakan lingkungan hidup dan sumber daya alam adalah penggunaan barang sekali pakai. Hal ini mengakibatkan tingginya produksi barang yang menggunakan hasil sumber daya alam hingga penumpukan sampah yang tak terkendali. Maka dari itu, salah satu solusinya yakni dengan menggunakan barang yang dapat digunakan secara berulang. Untuk beberapa kebutuhan yang terus digunakan secara berlanjut, maka langkah isi ulang merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.

*) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

 

Penulis : Setianingsih

Editor : Miftahur Rofiah